Hotline 08128171741
Informasi lebih lanjut?
Home » Semua Kategori » 7 Tips Traveling di Bulan Ramadan: Puasa Oke, Liburan Oke!

Puasa boleh jadi bikin kamu merasa mudah lelah. Tetapi, puasa jangan sampai kamu jadikan alasan untuk bermalas-malasan.

Apa saja hal yang bisa kamu lakukan biar traveling tetap lancar meski sedang berpuasa? Berikut ini adalah beberapa tips traveling di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan.

1. Siapkan dana untuk traveling

Dana menjadi aspek terpenting yang perlu kamu siapkan untuk traveling. Pasalnya, tanpa dana yang memadai, impian untuk jalan-jalan di destinasi impian pun jadi susah diwujudkan.

Untuk mengetahui berapa kebutuhan dana untuk traveling, kamu perlu membuat daftar perkiraan pengeluaran saat traveling nanti. Dengan demikian, kamu jadi tahu berapa dana yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa mempersiapkan dana tersebut dengan menabung jauh-jauh hari.

2. Lakukan survei dan siapkan itinerary-mu

Tips traveling selanjutnya adalah melakukan survei dan menyiapkan itinerary-mu. Nah, kalau kamu ingin traveling ke luar negeri pada saat Ramadan, ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Jadi, negara-negara tersebut memiliki suhu rata-rata yang cukup tinggi. Kalau kamu memrioritaskan lama waktu puasa sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan destinasi, maka negara-negara tersebut bisa kamu jadikan destinasi pilihan.

Beda lagi ceritanya kalau kamu ingin berkunjung ke negara yang ‘adem’ tanpa memedulikan lama waktu puasa.

Tak hanya survei waktu puasa saja, kamu juga perlu survei lokasi-lokasi yang bisa kamu singgahi untuk berbuka puasa. Selain itu, susun juga itinerary agar traveling kamu lebih ‘terarah’.

Mulai dari tiket pesawat, penginapan, hingga jajanan dan oleh-oleh, akan lebih baik kalau kamu tahu kisaran harganya sebelum berangkat. Jadi, kamu bisa lebih ready ketika sudah sampai di destinasi.

Untuk urusan survei tiket pesawat, kamu bisa andalkan Traveloka untuk memberikan estimasi harga tiket pesawat termurah.

Saat meng-klik tanggal keberangkatan, kamu bisa lihat tanggal-tanggal yang menyediakan harga tiket murah untuk destinasi tersebut. Bagaimana, menarik bukan?

Kalau kamu mau traveling ke destinasi-destinasi dalam negeri saja, survei tentang kota tujuan kamu juga perlu, lho! Tentu hal ini tidak serumit survei untuk traveling ke luar negeri, tetapi tidak ada salahnya menyusun itinerary dan mendaftar lokasi mana saja yang ingin kamu kunjungi nanti.

3. Pilih destinasi yang adem

Haus dan lapar tentu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang malas traveling saat Ramadan. Rasanya, tidak afdol kalau traveling tapi tidak bisa minum dan makan.

Memang, sih, ini jadi kendala yang paling nyata kalau kamu traveling saat puasa. Maka dari itu, siasati dengan memilih destinasi yang memiliki suasana yang adem. Pasalnya, kalau destinasi yang kamu tuju adem, setidaknya kamu bisa menekan keinginan minum es kelapa, kan?

Ingin bepergian ke luar negeri? Why not? Atau, setidaknya pilih negara yang tidak sedang musim panas.

4. Pilih waktu jalan-jalan pagi atau sore saja

Jalan waktu pagi atau sore adalah tips traveling di bulan Ramadan selanjutnya. Hal ini penting untuk kamu lakukan terlebih apabila kamu traveling ke lokasi-lokasi yang punya suhu udara panas.

Di pagi hari, kamu bisa menikmati suasana destinasi travelingmu dengan lebih baik karena kamu masih punya energi dari makan sahur. Suhu udara pun biasanya tidak terlalu panas.

Di sisi lain, jalan-jalan di sore hari pun bisa membantu kamu menikmati momen jalan-jalan dengan lebih santai. Pasalnya, suhu udara relatif lebih rendah daripada saat siang hari. Selain itu, kamu bisa langsung berburu kuliner ketika waktu magrib sudah tiba.

5. Pilih lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah

Kamu mungkin pengen banget nyobain hiking di Seoraksan (Korea Selatan) sambil menikmati pemandangan alamnya. Hanya saja, kamu perlu ingat bahwa kamu sedang puasa. Jika kamu harus hiking, kamu bisa dehidrasi nantinya. Hal ini tidak bagus juga untuk kesehatanmu karena kamu akan sangat lelah setelah hiking.

Biasanya, landmark terkenal punya jalur transportasi yang lebih mudah, sehingga kamu tidak perlu repot-repot jalan kaki untuk mengunjunginya.

Baca juga: Tips Puasa Tetap Ramah Lingkungan Selama Bulan Ramadan

6. Nge-skip sahur? A big no!

Ingin tahu tips agar kuat traveling saat puasa? Simpel saja: jangan skip sahurmu! Kamu bisa mendapatkan energi untuk traveling dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur.

Kalau kamu skip sahur, kamu bisa saja tetap traveling, tapi kamu akan jadi mudah lelah. Mood kamu juga bisa terpengaruh karena kamu melewatkan sahur.

Tentunya kamu tidak mau melewatkan momen traveling kamu karena tidak berenergi, bukan? Maka dari itu, pastikan untuk tetap sahur, ya!

Baca juga: Catat, 9 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur

7. Jangan lupa ibadah

Tips traveling di bulan Ramadan terakhir bisa jadi reminder kamu, nih. Saat traveling, pastikan kamu nggak lupa sama ibadah, ya. Dengan demikian, kamu tidak hanya menghabiskan waktu menahan lapar dan dahaga saja.

Mungkin kamu akan merasa bahwa mencari masjid untuk melaksanakan salat wajib dan tarawih cukup susah ditemukan di negara lain. Tetapi, hal tersebut tak sebaiknya kamu jadikan alasan untuk nge-skip salat.

Lelah setelah traveling pun tak sebaiknya kamu jadi alasan untuk membatalkan puasa. Momen traveling sambil puasa ini merupakan momen seru yang bisa dibilang jarang datang, lho.

Sebisa mungkin, jangan batalin puasamu meskipun kamu capek setelah explore spot-spot keren di destinasi travelingmu, ya. Kamu bisa menunggu waktu berbuka dengan berbagai hal, misalnya saja baca buku, streaming film-film serial yang lagi hits, atau tidur.

Ingin traveling kamu jadi lebih seru? Kamu bisa ajak teman atau keluargamu sekalian saat traveling.

Tak perlu ragu juga untuk booking tiket pesawat karena kamu bisa manfaatkan fitur tiket fleksibel dari Traveloka. Dengan fitur ini, kamu bisa temukan tiket pesawat dengan fasilitas reschedule gratis atau refund tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Sumber : Traveloka

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Kenapa Harus Ikut Open Trip?

19 September 2021 667x Semua Kategori

Mau traveling, tapi nggak ada teman yang bisa diajak? Jangan sampai hal ini bikin kamu gagal liburan, karena sekarang kamu bisa gabung bareng traveler lain untuk explore tempat-tempat seru dengan cara ikut open trip! 1. Make New Friends Kamu bakal bertemu banyak kenalan baru waktu liburan dengan cara open trip. Siapa tahu, salah satunya itu bisa jadi... selengkapnya

Mengenal Wisata Kepulauan Seribu

4 Mei 2023 431x Semua Kategori

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis, Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, dan terdiri lebih dari 110 pulau. Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Se... selengkapnya

7 Tips Traveling di Bulan Ramadan: Puasa Oke, Liburan Oke!

7 Tips Traveling di Bulan Ramadan: Puasa Oke, Liburan Oke!

8 Maret 2024 166x Semua Kategori

Puasa boleh jadi bikin kamu merasa mudah lelah. Tetapi, puasa jangan sampai kamu jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Apa saja hal yang bisa kamu lakukan biar traveling tetap lancar meski sedang berpuasa? Berikut ini adalah beberapa tips traveling di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan. 1. Siapkan dana untuk traveling Dana menjadi aspek terpenting yang p... selengkapnya

Auto Detailing Home Service:

Hubungi Kami:

SAUNG TRAVEL
Jl. Srengseng Raya K38
Jakarta Barat, Indonesia
E-mail : travelsaung@gmail.com

Live Chat
Senin-Jum’at (09:00 – 20:00) WIB
Sabtu-Minggu (Slow Respon)

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.